Sunday, August 10, 2008

MOS & (dan ujung2nya nyerempet ke) Majors

HAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAIIIIIIIIIIIIIIIIIII. saya kembali! setelah rehat sebentar dari dunia perblogan. mau tau kenapaaa? bayangkan. minggu ke2 gw masuk sekolah gw udah ulangan biologi. minggu ke3 ulangan fisika. minggu ke4 ulangan kimia. minggu ke4 pula ulangan matematika. dan tugasnya ngga kalah asik. haha.


Hufff. masa2 mos udah ilang sensenya. saking lamanya gw postpone. jadi cerita2 mos udah (males) gw ngomongin dan it seemed udah lost interest lah jelas (sejak kapan juga ada yang interest caaa caa). lalu, mengapa gw masih tetep menulis sekarang ini? karena gw lebih concern ke the two majors in binus, sci & soc. gw pengen ngomongin tentang sci & soc. why? keep scrolling down, babe!

sebagai general overview aja, binus itu membagi anak2 kelas 11nya menjadi 2, seperti pada umumnya, science & social. gosipnya sih ada jurusan art tapi gajadi. gosipnya juga ada jurusan computer science, tapi gajadi. gosipnya juga ada jurusan language & literature, tapi gajadi. jadi mentok2 cuma 2 deh. haha. Soo, anyway, fyi, i'm in science. hha.

what do i feel about science and what are my opinions about social? generally gw bakal ngupas itu di postingan gw yang ini. but firrrrst, let's look at the general differences

Science
they have chemistry biology environmental studies & physics (for surre)
we are more on researches & experiments
we have a practical exam before the term tests (this way malesin man)
we cannot live without scientific calculators
we cannot live without Ms. Dian's presentations (haha. belajar kimia tanpa presentasi miss dian = mendapatkan 25% doang. with ms dian = approx 80%)

Social
they have economics business studies geography & sociology (for surre)
they are more on data searching
they dont have practical exam (ahhh i envy)
and i cannot think of any other things because i never been to social anyway hhe.

personal opinion.
science : karena pada dasarnya gw suka ipa, jadi gw ngerasa bahwa ipa emang yang gw mau. tes minat & bakat gw juga nunjukkin bahwa gw masuk ipa. ya thank God lah udah pas. anak2 ipa itu menurut gw lebih baik kalo orangnya kritis, biar kita terus mengeksplor dunia ini, karena there are like trillions of mysteries left unrevealed. anak ipa juga harus bisa logis dan berpikir nyambung2in (gatau deh bahasa indonya apa). soal2 fisika dan kimia yang akan datang bulan november itu -A level- bener2 wah banget buat gw. jujur, gw ngga tau gw sanggup apa ngga. soalnya bener2 logika. dan im not too good at it. kita harus bisa ngegabungin dan ngehubungin antara archimedes - newton, antara coloumb - faraday, antara rutherford - scrodinger. nama2 diatas ga bakal jadi ilmuwan tanpa kata2 tadi: kritis, logis, dan berpikir nyambung2in.
yang kurang dari ipa tuh ya, cuma 1 doang lapangan kerja yang ipa banget. dokter. selain itu, ya jarang banget. jarang lakunya. sama kaya gw yang rencananya bakal ngambil Public & Promotional Communication ketimbang Biochemistry atau Molecular Biology. banyak anak2 kelas gw yang bukannya jadi dokter, malah lebih milih ngambil bisnis buat kuliah.
anggapan bahwa semua anak ipa pinter dan ips kurang buat gw salah banget. anak2 ipa itu pintar, dalam hitung2an rumus dan logika makhluk hidup. anak2 ips itu pintar, dalam solving problems dan melihat hubungan sosial.
gw ga bilang gw ipa tulen, gw ga bilang loh ya kalo im a science and im in it and im totally gonna rock the science world. sejujurnya, gw tertarik ips. haha. tapi gara2 i prefer ipa more, jadi gw ipa. gw ga bilang gara2 gw ipa tulen jadi gw itu kritis logis dan berpikir secara sistematik & nyambung2in. kritis, no im not that super critical lad. logis, mungkin kadang2 gw logis tapi kadang2 juga gw maen feeling. sistematik, man thats not Cahya i know. cahya i know berpikir dari 1 batu ke batu yang lain. ga pernah sistematik dan konsisten. haha.

social : gw suka pelajaran sosiologi. gw suka menganalisa kira2 kenapa dia begini gimana cara berpikirnya. tapi maslaahnya gw ga handal ekonomi (banget) dan gw ga handal geografi (banget). yang gw suka dari sosiologi adalah pada dasarnya gw gatau kenapa, gw suka nganalisa orang. hal2 dasar yang gw suka: 1. nganalisa orang 2. nyambung2in ini itu tanpa alesan konkrit 3. imajinasi 4. mengerjakan suatu puzzle dan menyelesaikannya. nomor 1 itu ips. nomor 2 ipa ips. nomor 3 itu adalah hal yang paling indah yang dunia punya. ipa ips butuh ini. nomor 4 more to ipa puzzles.
so what does it take to be a social in my opinion?
1. u have to like analyzing and find many possible answers for it. salah satu dari possible answer itu pasti ada benernya.
2. u have to think sebab akibat. kenapa si a jadi kaya gini. kenapa bentuk geografis indonesia kaya gini. kenapa kalo harga kopi naik harga teh turun. ini ipa juga butuh sih, tapi ipa itu ilmunya exact dan dimanamana yang namanya 1+1 = 2. tapi yang namanya orang inggris suka teh peppermint orang indonesia suka kopi alesannya bisa beda.
3. lo ga boleh subjektif. mentang2 lo benci indonesia gara2 korupsi tapi kalo menganalisa data ekonomi atau statistika tentang indonesia lo ga boleh ganti2 seenak jidat. kalo emang indonesia udah kaya gini mau diapain lagi? gabisa bohong dan menutup2i.

(astaga bicara gw ngelantur & ga penting gini sih)

yasudah deh segini dulu aja (aja? aja???????) haha. bye

No comments: