Sunday, December 20, 2009

visit indonesia (?)

gw akhir2 ini jadi suka nongkrongin discovery channel dan natgeo lagi (kangen deh astaga). dan ga jarang gw liat iklan-iklan tourism board dr negara lain, misalnya incredible india (sumpah nyanyiannya yang di part terakhir keren banget liat deh disini) terus malaysia, terus seoul. yang seoul sih ga yang gimana banget, cuma ya oke. yang malaysia juga bagus. yang india gw sukaaaa banget terakhirnya hahah.

oke, tadi gw bilang yang seoul ga wah banget, namunnnnn dibandingin indonesia yang ga sering - jarang banget malah - gw liat iklannya, infinitely seoul udah bagus banget. iklan indonesia jaraaaaaaaaang banget gw liat di natgeo ato stasiun tv internasional ato bandara. sekalinya gw liat di bioskop. padahal di bioskop juga yang ngeliat orang indo sendiri, siapa yg mau dibikin tertarik? kalo di natgeo gitu2 ya yg ada palingan india malaysia korea thailand sm inggris gw pernah liat. kalo di bandara internasional soekarno-hatta yang hampir pasti dilalui turis, di tvnya adanya malah infotainment (-.-). kalo di bandara ada kan yang turis dateng bisa tau info2 gitu terus ngeliat iklan yg bagus jd "wah indonesia bagus!" terus turis yg pergi bisa kaya "wah saya belom kesana saya harus kesana ntar!" (mimpi)

kalo diliat dari official sitenya, masih sangat minim. anggap saja gw mau pergi ke singapur, dan gw bener-bener ga ada bayangan singapur itu dimana, kaya apa, ada apanya. kalo gw browse di internet dan buka official sitenya tourismnya singapore, gw bisa tau gw mau kemana aja disana dan gimana cara kesananya(transportnya). namun, kalo gw orang bule yg gatau indonesisa itu apa, buka website ini gw mungkin gw tau mau pergi kemana aja, tp ga lengkap.

terus coba deh liat iklannya malaysia. yang mereka jual disana kita juga ada, misalnya rainforest, terus scuba diving, terus tarian tradisional. bahkan di beberapa hal kita jauh lebih kaya dan beragam dari mereka. kalo kita liat negara kita, banyak banget yang bisa dijual. bali tentu bisa dijual, hutan2 di kalimantan, tana toraja, bunaken, lombok, papua. itu aja udah bisa sangat atraktif. padahal itu belum semua yang berpotensi gw sebut. kalo gw boleh asal ngomong sebagai penonton awam, gw ngeliat iklannya indonesia kurangggg gimana ya, kurang menjual gitu. kualitas kameranya masih blm bagus. sinematografinya juga masih kurang. terus kurang kreatif aja gitu kayanya. hmmm bisa dibilang juga musiknya. musik yg incredible india itu td keren kannn, tp kita ga punya musik kaya gitu.

bahkan tagline aja ga punya. visit indonesia? agak kurang menjual ya, hmmm. yg pernah dipake kan kaya: Incredible India, Uniquely Singapore, Malaysia Truly Asia, Infinitely Seoul (yg gw inget itu aja hahaha) kan catchy gitu incredible india ada aliterasinya. terus ada kata yg menjual itu kan yg kaya incrediblenya. sama kaya singapore, unique gitu. yg malaysia rhymes sm asia. seoul yang infinitely, seakan2 infinite fun disana. kalo visit indonesia kan kayanyaa cuma ayo kunjungi indonesia.

ya opini aja sih. karena sebenernya pariwisata indonesia tuh berpotensi banget, banyak banget yg bisa diexploit. singapore yg cuma seuprit dan ga ada natural-beauty-or-what-so-ever dan semuanya industrial banget aja bisa jadi number one tourist destination in southeast asia, masa kita yang segede 1,919,440 km2 gabisa?

mari pariwisata indonesia, bangkitlah :p

No comments: