Sunday, June 22, 2008

Happy Birthday Jakartaa

Haaaaaaaaaiiiii. Hari ini ulang tahun kota Jakarta, yang ke-sekian. Haha gw lupa, maklum gw bukan orang Jakarta. Mungkin pas udah ke post blog ini udah ga hari ulangtahunnya, soalnya gw nulis jam 11.50 PM. yup, near midnight.
Wonder why i am so late to write this bday blog? sebenernya gw ga mau nulis blog hari ini, lagi (sok) sibuk, hhaa. terus gw nungguin bola, Spanyol vs. Italy, yang hopefully dimenangin Spanyol, my boyfie's team! haahaaha. yuuupppp CESC FABREGAS he is. Villa juga oke, tapi Fabregas my only and true love. Well, I spare it for my Alex Turner juga sih. hehe.

Sooo anyway, sambil menunggu waktu untuk berjalan menuju pertandingan, ya gw memutuskan untuk menulis blog. Dan yang ada di pikiran gw adalah... awalnya ngga ada sih -_-.
tapi tadi sodara gw, yang tinggal di rumah gw, pulang dari PRJ sama pacar dan temennya. Terus sodara kembar gw pengen nyobain yang namanya kerak telor. Gw juga belom pernah nyoba sih. hehehe. Kerak telor pun dateng, bersamaan dengan sodara gw, dan untuk pertama kalinya seumur idup gw makan kerak telor. Jujur ya, gw ngga suka. hahaha. rasanya agak aneh di lidah gw, jadi gw makan 3 bites, ngehargain sodara gw yang udah ngebawain kerak telor jauh2 dari PRJ.

Selain didukung kerak telor, gw juga diinspire temen gw, in here: http://kimchilalala.blogspot.com , untuk menulis ini. Jadi ya gw bikin opini gw tentang ulang tahun Jakarta ini aja deh. haha.

Sooo, sudah beratus-ratus tahun Jakarta hidup. Dan bedanya? Jelas kontras. perbedaan dari batavia ke jakarta, perbedaan dari belanda jepang dan MERDEKA, perbedaan dari andong becak ke pollutan -mobil, dari bule ke asian ke pribumi, hhaa.
Hemm, ya kita ga usah ngeliat jauh jauh ke belakang bangetlah, kita liat aja, yaa just take this decade. dimulai saat saya berumur 4 tahun. 1998. Satu yang jelas beda, geografis.
Geografis bukan berarti Jakarta pindah dari 150 BT ke 100 BT -wherever that is-, tapi, man, the trees are gone. Man, the buildings are more rapid. Well the good thing is the malls are much more gorgeous than ever. hahha, ya regret it a little juga sih. Karena those drop dead gorgeous mall telah menggiring jakarta ke kebanjiran dan sebagainya. tanah mulai dieksploitasi, dan orang orang desa mengira "wuih di jakarta banyak banget tempat kosong" dan urbanisasilah terjadi. Makin banyak bencana dan terpuruklah Jakarta ini. Tanah-tanah kosong itu sudah dibangun sekarang, dan well tanah makin rendah man (that is what my teachers told me).

Yang kedua yang beda, the KIDS! gw ngomong kaya gini bukan gw sok bener atau sok udah tua, i'm younger than my friends anyway. yang gw liat dari album foto kuliah nyokap gw, waw mereka bajunya super drop dead gorgeous. Gw liat foto gw dan temen-temen gw sekarang, total drop dead gorgeous juga (bukan menyombong). Dan yang gw liat bedanya, bertambah pendeknya rok. Ini ga bisa disalahin, fashion statement is not to be blamed. tapi, yang beda itu the attitudes. Jujur, gw juga beda. Dulu, nyokap gw kayanya yang kalem dan baik baik banget. When I compare, wow. Nyokap gw pada umurnya se-gw, udah lancar masak sayur asem, oseng ini itu, sup, pepes, dsb -no wonder my mom cooks well slurp ;D-. Dan gw melihat diri gw, pada umur segini, gw bisa masak mi instan, motong wortel (without knowing what happens next), ngerebus air, bikin telor dadar, ngerebus telor, dan sedikit teman-temannya. Penurunan kualitas masak. My mom gets to her friends by letters and by phone (which used like, once a day at least). I get to my friends by MSN-ing (like ALL day long) and by cellphone (which used like, once an hour, at least).
Nyokap gw cerita, dia pulang dulu (tahun 80an, pas kuliah dan SMA) yaa mentok2 jam 9 udah di rumah. My mom LOVES her home so bad. gw? pulang dari jalan-jalan jam 11an. but I DO love my home, so bad. Dan gw bisa dibilang bukan anak Jakarta, gw anak BSD. wakakak. I don't know whether Jakarta's are better or not.

perbedaan tersebut can leads to a worse or a better place. kacamata tiap orang beda dalam hal ini, so i wont tell haha.
Gw prihatin dengan Jakarta, sebenernya. Gara-gara Jakarta adalah ibukota, gw rasa, Jakarta jadi sakit-sakitan. bentar-bentar di bedah, di kasih busway ini itu, yang gatau operasinya gagal atau ngga. Gara-gara ibukota, orang-orang di desa menganggap Jakarta memiliki segudang harapan, "siapa tau gw bisa jadi direktur disana" pikirnya. Mereka pun datang, (banyak yang) unskilled, dan masih polos. gampang ditipu. Sialnya, orang Jakarta licik, ditipulah orang polos (entah bodoh) tersebut. Mon dieu! (tadi habis baca bukunya Hercule Poirot. Haha)
Mereka yang tertipu tersebut jadi low on cash, dan mereka lama-lama ngemis.
Yang lebih prihatin lagi, populasinya Naudzubillah. waw banget. ada beberapa skenario yang terjadi di banyak natalitas ini:
  1. orang-orang banyak yang selingkuh terus punya anak, jadi anaknya tambah banyak
  2. anak-anak muda jaman sekarang yang banyak punya anak sebelum nikah, terus ditelantarin ke panti asuhan, terus nanti nikah punya anak lagi
  3. para orang polos tadi nikah sama orang polos lainnya, dianggepnya siapa tau yang senasib bisa berubah (resesif, siapa tau), terus gara-gara kebanyakan uneducated, dan masih percaya pada peribahasa "banyak anak banyak rejeki", anaknya makin banyak, ngarep2 siapa tau satu dari sepuluh anaknya ngegantiin Pak SBY (tapi gatau juga kalo sepuluh-sepuluhnya jadi orang polos lainnya)
  4. Suami istri biasa ga bisa nerima kenyataan. Pengen punya anak cowok, tapi dapetnya cewek terus, akhirnya punya anak terus sampe dapet yang cowok (gatau deh kalo ga dapet2)
  5. cewek-cewek jaman sekarang yang pakaiannya makin menggugah selera, yang membuat para lelaki jadi ingin melakukan hal-hal lain, misalnya mengobrol ngajak makan, dsb. yang akhirnya jadi suatu berita utama di koran ** (ga berani nyebut nama), dan nanti anaknya akan lahir
  6. dan lain sebagainya (sebenernya kekurangan ide)

Ckckck. Gila ya orang-orang jaman sekarang. Tapi yang gw suka dari Jakarta, the most, as i've said before: The Malls. haha. temen gw di Belgia pun bilang Jakarta's mall are like no other in the world. Setelah gw liat, emang bener sih. Hahah. My favorite malls so far: Senayan City, Grand Indonesia, & Plaza Indonesia. Grand Indonesia top banget, you gotta see the food court. Bukan, bukan makanannya, the design! Oh God! gw suka banget design food courtnya. Senayan city oke banget, you gotta see the shops. Gw ngga tau ya buat anda semua, tapi buat gw, toko-toko disini oke-oke. Oh, and you gotta see the Lower Ground. It is so nice, hhaha. Plaza Indonesia dan EX sip banget, you gotta see the professionalism of the PI and the fun of EX. Professionalism? Yup, gw ngerasa jadi gimanaaa gitu kalo masuk PI. Apalagi kalo nginep di Grand Hyatt. Gw serasa turis manaa gitu (oke maaf gw alay) dan terkagum-kagum sama mall ini. I feel the presence of Indonesia, but I feel this is not the floody-and-disaster-full Indonesia. Kalo EX, it is just so fun I dont know why. Haha. You should try staying some nights at Grand Hyatt and walk as if as you are tourists. Go from PI to EX, then cross the road to Grand Indonesia. Haha. It worked for me, at least.

Oia, gw belum sempet ngebahas Mangga Dua. Haha. di my Grand Hyatt trip itu, gw sempet minta nyokap untuk nganterin gw ke Mangga Dua. gw belom pernah sama sekali ke situ. Temen2 gw bilang ManggaDua itu oke, but I never been there. Jadi gw minta kesana. Nyokap gw akhirnya ngeiyain, dan kita berangkat naik taksi. Haha. Disana gw ngeliat, wow ManggaDua IS nice. haha. buat gw at least. Yang sangat disayangkan, ukuran badan saya ini. -___-. kaki saya besar, ukurannya 42. Haha. Dan badan saya? tentu. haha. ManggaDua di design untuk cewek-cewek berbadan XS, S. M agak-agak sedikit jarang sepertinya, tapi masih ada banyak. L dan XL? Jangan ditanya, susahnya minta ampun -____-, pardon my big body. Jujur, I want another trip to ManggaDua, I enjoyed it. Haha.

Dilihat-lihat, gw udah ngelantur dari topik, dan sudah setengah jam lagi Fabregas atau Villa mencetak gol, jadi sudah dulu ya. Hehehehhe. See you later guys.

and Happy Birthday to Jakartaa :D

4 comments:

andrea~kimchi said...

cha. umm kerak telor, emang ga seenak yg dibayangkan. setidaknya bwt gue haha. no matter how delicious people say it is, but it's not my thing. wakaka.

Cahya said...

yup. hahaha gw juga ngerasanya, like, man what is this thing. wkakaka

Okky husain said...

ca, kerak telor ama kayak yogurt, ga semua orang bisa bilang itu enak, butuh waktu, wkwkwkwkw. (karena gue salah satu orang yang dulunya gak suka yogurt, tapi sekarang suka banget!)

Cahya said...

zzzzz tapi kerak telor ga enak beneran. wkaka